Milton Rokeach

Peran Guru Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan Berpihak pada Peserta Didik

Nilai merupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sangat spesifik. Nilai tersebut berperan sebagai standar dalam mengambil posisi khusus dalam suatu masalah, sebagai bahan evaluasi dalam membuat keputusan, dan sebagai motivasi dalam mengarahkan tingkah laku individu sehari-hari. Bagi seorang Guru Penggerak, nilai-nilai yang penting adalah Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan Berpihak pada Peserta Didik. Kelima nilai ini saling mendukung dan menjadi pedoman berperilaku bagi seorang Guru Penggerak.

Seorang guru yang mandiri mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik bagi lingkungannya. Guru tersebut juga mampu melakukan refleksi dan introspeksi terhadap kegiatan pembelajaran, serta bersedia menerima saran dan kritik untuk meningkatkan kualitas kerjanya.

Guru yang reflektif selalu melihat sisi positif dari setiap saran dan kritik untuk memperbaiki kualitas kerjanya. Mereka tidak puas dengan pembelajaran yang telah dilakukan dan berani mengakui kekurangan diri dalam pembelajaran.

Guru penggerak juga harus membangun hubungan kerjasama yang positif dengan orang tua peserta didik, komite sekolah, organisasi di lingkungan sekolah, dan dinas pendidikan untuk kemajuan sekolah. Mereka juga harus mampu menemukan ide-ide baru untuk pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik.

Peran seorang Guru Penggerak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila sangat penting. Profil tersebut mencakup keenam dimensi, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Untuk mencapai profil tersebut, guru harus menjadi pemimpin pembelajaran yang memperhatikan kebutuhan peserta didik, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi mentor bagi rekan guru, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan peserta didik.

Melalui peran-peran tersebut, seorang Guru Penggerak dapat membantu peserta didik untuk mandiri dalam belajar, memunculkan motivasi belajar, serta mendidik karakter mereka.

Post a Comment

أحدث أقدم